Ahlan wa sahlan! Selamat datang sahabat di Situs Resmi BSMI Kota Bandung!

Rabu, 02 Mei 2012

Balai Pengobatan BSMI Kembali Gebrak Kota Bandung


‘Balai pengobatan ini diselenggarakan sebagai salah satu wujud tanggung jawab yayasan terhadap kesehatan masyarakat sekitar’, berikut diungkapkan Ustadz Yusyadi, Ketua Yayasan Bina Insan Ar Rahman pada Relawan BSMI Kota Bandung, di sela kegiatan balai pengobatan (BP) yang diselenggarakan oleh Yayasan Bina Insan Ar-Rahman di Sadang Serang, Bandung pada hari Minggu, 26 Februari 2012 kemarin.


BSMI Kota Bandung kembali menggebrak Kota Bandung lewat gelaran balai pengobatannya. Balai pengobatan yang dikomandoi oleh Feni Widya Jayanti ini adalah bentuk kerjasama yang dilakukan antara BSMI Kota Bandung dengan Yayasan Bina Ar-Rahmah. Balai Pengobatan ini adalah salah satu dari rangkaian acara yang diselenggarakan oleh yayasan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain BP, juga diselenggarakan berbagai kegiatan yang melibatkan partisipasi warga sekitar, diantaranya adalah senam sehat yang dilanjutkan dengan pembagian hadiah, ceramah dari Ustadz, juga berbagai lomba yang ditujukan untuk anak-anak.

Serangkaian acara bakti sosial Yayasan Bina Insan Ar Rahman


Balai Pengobatan ini dimulai pukul 09.00 WIB. Beberapa persiapan harus dilakukan relawan di lokasi BP, sehingga pukul 07.30 relawan sudah meluncur menuju lokasi BP. Setibanya di lokasi, penggalan lagu Sunda menyambut kedatangan kami, 16 Relawan BSMI Kota Bandung. Lagu tersebut berasal dari tape recorder yang mengiringi kegiatan senam warga sekitar. Tampak sang instruktur memandu jalannya senam dari atas panggung. Puluhan warga tampak antusias mengikuti setiap gerakan yang diperagakan instruktur.
Kami segera menuju masjid yang diperuntukkan untuk kegiatan BP, lokasinya tidak jauh dari tempat warga melakukan senam.
Berbekal briefing yang telah dilakukan satu hari sebelumnya, kami segera membagi diri menuju pos masing-masing. Dua orang menempati meja registrasi, empat orang menduduki kursi pemeriksaan tanda vital. Yang lainnya pun berpencar menuju amanahnya masing-masing. Empat orang dokter menempati kursi di dalam ruang periksa.



Suasana di meja pendaftaran

Balai Pengobatan dimulai tidak lama setelah acara pembagian hadiah bagi warga selesai. Peserta yang mayoritas merupakan ibu rumah tangga dengan kisaran usia 30-50 tahunan ini, tampak antusias mengikuti BP tersebut.
Peupeuriheun ka dokter mah wegah, Neng, kajabi awis” (kalau ke dokter malas, terlebih juga mahal), ujar salah seorang warga sambil tersenyum simpul.
Balai Pengobatan yang terdiri dari pemeriksaan tanda vital, pemeriksaan oleh dokter, juga pemeriksaan gula darah ini berlangsung cukup lancar. Beberapa peserta tampak asyik berbincang sambil menunggu giliran dipanggil. Beberapa tampak mengipas-ngipaskan tangannya, kegerahan. Sebagian lainnya menyelonjorkan kakinya, pegal. Tidak kurang dari 49 warga menjalani pemeriksaan dokter, sementara 62 orang lainnya menjalani pemeriksaan gula darah.
 Pemeriksaan tekanan darah


 Pemeriksaan gula darah

 Akhwat soleha ^^


Di ruang dokter

Siang beranjak mendekat. Ruangan masjid yang dipakai untuk pelaksanaan BP pun tampak mulai lengang. Satu persatu pasien meninggalkan lokasi, pulang menenteng kantong kresek yang berisikan obat dari dokter dan beberapa hasil pemeriksaan yang lainnya.
Pemberian obat oleh apoteker nan setia
Balai Pengobatan yang sifatnya kuratif ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian BSMI Kota Bandung dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
“Selagi masih muda, hidupkan semangat keteladanan. Selagi masih muda, tanamkan semangat persaudaraan. Selagi masih muda, jadikan semangat kita bermanfaat bagi orang-orang sekitar kita. Kami relawan BSMI Kota Bandung, takkan pernah henti tangan menggapai, takkan berhenti kaki melangkah, kami kan terus beramal dan berjuang untuk mengabdi pada masyarakat.” Ungkap Feni di akhir kegiatan.
Dari BSMI untuk bangsa.
Care for Life.
(SH)
Tetap semangat ya,, mujahid dan mujahidah BSMI ^^

Posted by M#1 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar