Ahlan wa sahlan! Selamat datang sahabat di Situs Resmi BSMI Kota Bandung!

Jumat, 17 Februari 2012

Poskes Rutin BSMI Kota Bandung


 Jika anda sering atau hanya sekedar menyempatkan diri untuk lari pagi atau berolahraga di hari minggu, tak aneh jika anda akan menemukan sebuah pos kesehatan (poskes) BSMI Kota Bandung yang berada di Car Free Day- Dago, Bandung. Salah satu program kerja BSMI kota Bandung ini sudah beberapa kali dilakukan sejak Mei 2011. Keberadaan poskes ini mendapat respon dan apresiasi yang sangat baik dari masyarakat sebagai sarana memeriksakan kesehatan murah  sampai gratis dan sekaligus dapat membuat masyarakat lebih dekat dan mengenal Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) cabang Kota Bandung sebagai organisasi sosial kemanusiaan yang peka dengan masalah sosial di lingkungan sekitar.
 Sekitar 180 warga, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia, terlihat ramai mendatangi pos kesehatan (poskes) BSMI Kota Bandung yang kali ini diadakan tanggal 29 Januari 2012. Dimulai dari pendaftaran pasien, pelayanan kesehatan yang diselenggarakan meliputi  promotif dan preventif, di antaranya periksaan tekanan darah, pemeriksaan starus gizi, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan gigi, beserta konsultasi kesehatan. Warga yang datang beragam kepentingannya, tak jarang hanya sekadar konsultasi kesehatan. Potret antusiasme warga ini terlihat sejak dimulainya poskes ini, yakni pukul 07.00-10.00 WIB.
 "Alhamdulillah, ada tensi gratis. Ibu bisa olah raga sekaligus diperiksa kesehatannya," kata salah seorang warga yang memeriksakan tekanan darahnya di poskes kemarin. Alhamdulillah, senang rasanya jika hal kecil yang para relawan lakukan dirasakan kebermanfaatannya oleh masyarakat. Ternyata, seringkali kebahagiaan datang dari hal-hal kecil di sekitar kita dan tak perlu susah payah direncanakan karena Allah-lah yang mengatur  kebahagiaan itu, termasuk dalam mengoptimalkan kemampuan setiap relawan.
Walaupun masih ada kekurangan dalam beberapa hal teknis, namun tidak menjadi penyurut semangat para relawan untuk berkontribusi sampai akhir acara. Terima kasih untuk semua masyarakat atau pun aparat keamanan yang terlibat sehingga acara tersebut bisa berjalan dengan baik, semoga Allah memberi balasan yang lebih baik. Kedepannya, kami akan terus berusaha agar poskes ini bisa terus eksis, dan tidak hanya eksis tentunya, tapi bisa lebih berkembang lagi dengan penambahan berbagai fasilitas seperti tes kolesterol dan asam urat yang terjangkau bagi masyarakat yang membutuhkan, sehingga kami bisa memberikan kontribusi yang bermanfaat dan dapat berbaur dengan kehidupan sehari-hari. Sampai bertemu di poskes berikutnya! Sambil jalan pagi, cek juga kesehatmu :)

Masing-masing dari kita dapat bergerak untuk meringankan beban masyarakat sesuai dengan kompetensinya. Satu alasan yang dapat menyatukan kami dalam organisasi ini, yaitu “Care for Life”.

 by Ria Indriani

Posted by M#1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar